SELAMAT DATANG DI Blog PMB Stienu Jepara. Kami akan Membantu anda dalam proses pendaftaran
www.garudafurniture.com www.garudajepara.com www.tokoukir.com www.partisiminimalis.com

UPT Perbankan dan Keuangan

Rabu, 12 Januari 2011

Profil UPT Perbankan dan Keuangan

A. Latar Belakang

Mengikuti perkembangan serta tuntutan penyelenggaraan kurikulum di Program Studi dengan mengupayakan peningkatan porsi mata kuliah bermuatan praktek dengan komposisi 60% teori dan 40% praktek, serta dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang handal, maka pada tahun akademik 2008/2009, tanggal 1 September 2008 didirikan UPT. Keuangan & Perbankan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama (STIENU) Jepara.

UPT. Keuangan & Perbankan ini nantinya diarahkan sebagai wahana laboratorium dalam bentuk Bank Mini “STIENU-Artha“, yang digunakan untuk mendukung mata kuliah praktek bagi mahasiswa, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah Pengantar Akuntansi dan mata kuliah Manajemen Lembaga Keuangan & Perbankan yang dilaksanakan secara riil mulai dari transaksi pembukaan rekening sampai dengan pembiayaan lainnya.

Diharapkan laboratorium Bank Mini ini nantinya tidak hanya digunakan sebagai sarana belajar yang berbasis perkuliahan praktek, tapi dapat diarahkan sebagai sarana kegiatan pengabdian bagi seluruh civitas akademika.

B. Visi dan Misi

- Visi

Menjadikan UPT. Keuangan & Perbankan sebagai wahana untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dan menambah wawasan dibidang keuangan dan perbankan.

- Misi

1. Meningkatkan kemampuan peserta didik (dalam hal ini mahasiswa) di bidang keuangan dan perbankan.

2. Mengaplikasikan ilmu keuangan dan perbankan sehingga dapat membandingkan antara teori pada saat perkuliahan dengan praktek secara langsung.

3. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa di bidang keuangan dan perbankan dengan aplikasi secara riil/ langsung bukan fiktif.

4. Meningkatkan system pembelajaran (transfer of knowledge )

5. Memberikan pelayanan di bidang keuangan dan perbankan bagi pengguna (Dosen, Mahasiswa dan civitas akademika lainnya).

C. Program Kegiatan

Program kegiatan UPT. Keuangan dan Perbankan yang diwujudkan dalam bentuk Bank Mini akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan rutin dan kegiatan secara temporer.

1. Kegiatan Rutin :

a) Praktikum di bidang keuangan dan perbankan bagi mahasiswa dengan dipandu oleh dosen atau ahli perbankan yang terkait.

b) Melakukan pelayanan jasa di bidang keuangan dan perbankan dikalangan interen civitas akademika (khususnya mahasiswa).

2. Kegiatan Temporer

a) Pelatihan/Seminar/Workshop di bidang Keuangan & Perbankan bagi mahasiswa dengan dipandu oleh ahli perbankan.

b) Menyusun buku panduan praktikum bidang Keuangan & Perbankan yang ditujukan untuk praktek mahasiswa di Bank Mini.

D. Fasilitas

Sistem operasional dan pelayanan perbankan secara manual dan terkomputerisasi.

E. Peserta

Mahasiswa STIENU Jepara yang telah mengampu minimal mata kuliah Pengantar Akuntansi dan Manajemen Lembaga Keuangan Lainnya, yang dilaksanakan secara kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar