SELAMAT DATANG DI Blog PMB Stienu Jepara. Kami akan Membantu anda dalam proses pendaftaran
www.garudafurniture.com www.garudajepara.com www.tokoukir.com www.partisiminimalis.com

Profil UPT Bahasa

Rabu, 12 Januari 2011

Profil UPT Bahasa

A. Pendahuluan

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan Bahasa sendiri (Mother Language) dimulai dari manusia itu lahir. Lalu bagaimana jika penguasaan Bahasa Asing (Foreign Language) ? Hal itu tidaklah mudah sebab kita masih terpaku pada Mother Language yang berbeda dalam logatnya, cara pengucapannya, maupun struktur nya.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional sekarang ini. Sedangkan kita ketahui, bahasa inggris merupakan bahasa asing (Foreign Language) di Indonesia. Di dunia pendidikan bahasa inggris sudah masuk dalam kurikulum pembelajaran sejak SD bahkan sekarang Play Group pun sudah mempelajari bahasa inggris. Dari SD sampai SMA bahasa inggris merupakan bahasa asing (English as Foreign Language atau disebut EFL), namun dalam tingkatan perguiruan tinggi bahasa inggris merupakan bahasa kedua (English as Second Language atau yang disebut ESL). ESL bertujuan siswa mampu berkomunikasi aktif dalam bentuk lisan (Spoken) maupun tulisan (Written).

Supaya tujuan tersebut dapat terlaksana perlu adanya pembelajaran aktif dan seimbang antara teori dan praktek. Bahasa Inggris memiliki 5 skills ( Listening, Speaking, Reading, Writing, Grammar ). Tanpa adanya praktek (Practice Englih) 5 skill tersebut tidak terwujud. STIENU Jepara tanggap dengan hal tersebut, sehingga didirikanlah unit pelaksana tehnik ( UPT ) bahasa di tahun ajaran 2009/2010. Dan STIENU merupakan satu-satunya STIE di Jateng yang mempunyai lab bahasa.

B. Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat pengembangan dan pelatihan bahasa.

Misi

- Menjadikan mahasiswa STIENU ( khususnya) dan masyarakat ( pada umumnya ) mempunyai ketrampilan berbahasa inggris dengan lisan ( Spoken ) maupun Tulisan ( Written).

- Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat lulus tes TOEFL dengan skor tinggi.

C. Fasilitas

UPT Bahasa STIENU menggunakan fasilitas Multi Media yang tidak hanya terdapat students terminal, headphone, dan Microphone namun terdapat juga satu set komputer diruangan free untuk internet.

D. Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan praktikum Bahasa adalah waktu yang tidak digunakan untuk kuliah, satu kali dalam seminggu dan dibagi beberapa kelompok. Pengumuman di tempel/upload di papan pengumuman atau di website STIENU Jepara. Waktu Pelaksanaan di tentukan oleh UPT, peserta tinggal mencari nama-nama di masing-masing kelompoknya.

0 komentar:

Posting Komentar