SELAMAT DATANG DI Blog PMB Stienu Jepara. Kami akan Membantu anda dalam proses pendaftaran
www.garudafurniture.com www.garudajepara.com www.tokoukir.com www.partisiminimalis.com

UPT Komputer dan Teknologi Informasi

Rabu, 12 Januari 2011

Profil UPT Komputer dan Teknologi Informasi

A. Pendahuluan

Menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam bidang IT, diperlukan Sumber Daya Manusia yang memiliki skill dan ketrampilan yang memadai dalam menghadapi tantangan dunia bisnis.

STIENU Jepara tanggap dalam mempersiapkan infrastruktur yang lengkap dalam rangka mencetak lulusan di bidang ekonomi yang memiliki kemampuan di bidang IT. Sesuai dengan visi STIENU Jepara, sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang berbasis Teknologi Informasi.

UPT Komputer memiliki fasilitas 3 line koneksi internet kecepatan tinggi yang terhubung selama 24 jam sehari demi menjamin stabilitas komunikasi internet baik LAN atau Wirelles HOTSPOT Area 24 jam dengan pengaturan awal Login dari dan ke STIENU Jepara. Seluruh komputer yang berjumlah sekitar 100 unit, terhubung dalam jaringan internal (LAN) yang semuanya dikontrol oleh administrator yang akan mengawasi keamanan jaringan maupun filter terhadap kegiatan-kegiatan yang tidak semestinya.

Dalam Laboratorium Komputer, terdapat 40 unit komputer yang digunakan untuk mendidik mahasiswa dengan processor kemampuan terbaru, dilengkapi dengan software original dari Microsoft yang akan sangat membantu dalam proses pengajaran mata kuliah yang berbasis teknologi informasi.

Dengan semakin berkembangnya internet, UPT Komputer STIENU Jepara bermaksud untuk dapat mengembangkan keilmuan untuk ikut serta dalam pengembangan ekonomi Kabupaten Jepara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Wujud nyata yang dilakukan adalah dengan mengembangkan short course, workshop dan pelatihan bagi masyarakat, khususnya dalam bidang internet bisnis, komputer bisnis dan komputer dasar.

Salah satu bentuk komitmen yang akan dilakukan UPT Komputer STIENU Jepara adalah membentuk tim IBA (Internet Business Accelerator) yang memiliki misi untuk mengembangkan bisnis internet di Jepara yang akan berdampak lebih luas kepada pengembangan ekonomi Kabupaten Jepara.

Selain memberikan pelayanan kepada mahasiswa, saat ini UPT komputer juga telah memberikan pelayanan pendidikan/kursus ketrampilan komputer kepada masyarakat dalam berbagai paket yang ditawarkan dengan materi :

a. Pengenalan sistem operasi

b. Pengenalan Internet Dasar

c. Pengenalan komputer berbasis LAN

d. Microsoft Office

e. Pengolahan data statistik

f. Komputer Akuntansi atau Kompak

g. Cyber Marketing

h. Pembuatan Website, dsb.

B. Visi dan Misi

- Visi

“Menjadi pusat pengembangan dan akselerasi Bisnis berbasis IT”.

- Misi

1. Sebagai enabler bagi STIENU Jepara dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi.

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang IT.

3. Mengembangkan kemitraan strategis dibidang teknologi informasi dengan stakeholder utamanya yang memiliki kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi.

4. Menyediakan infrastruktur hardware dan software yang memadai dalam rangka pelayanan masyarakat khususnya untuk pengembangan dan akselerasi bisnis.

C. Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di UPT komputer adalah meliputi: Ruang Free untuk internet selama jam kerja, area hotspot 24 jam, untuk pelayanan umum dibukanya warnet kampus atau Internet Cyber Kampus.

D. Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan praktikum pengantar Teknologi Informasi adalah waktu yang tidak digunakan untuk kuliah, satu kali dalam seminggu dan dibagi beberapa kelompok. Pengumuman di tempel/upload di papan pengumuman atau di website STIENU Jepara. Waktu Pelaksanaan di tentukan oleh UPT, peserta tinggal mencari nama-nama di masing-masing kelompoknya.

E. Tata Tertib

1. Peserta hadir 5 menit sebelum jam praktikum di mulai, apabila peserta terlambat lebih dari 10 menit maka tidak diperbolehkan mengikuti praktikum.

2. Peserta berpakaian sopan, dilarang memakai kaos oblong, topi, sandal dalam lab.

3. Mengisi daftar hadir atau absent yang telah disediakan oleh petugas.

4. Menjaga kebersihan peralatan praktikum

5. Selesai praktikum, peserta diharuskan mematikan komputer printer dan UPS dengan prosedur yang benar serta merapikan perlatan yang ada.

6. Diberikan kesempatan pada peserta satu kali (dengan ketentuan praktikan berhalangan dengan memberikan keterangan yang syah).

7. Pada akhir acara praktikum adan diadakan response (praktikan harus hadir minimal 75% untuk mengikuti response).

8. Mahasiswa yang belum mengambil Pengantar Teknologi Informasi diwajibkan mengikuti di semester berikutnya.

Bagi yang melanggar tata tertib akan dikenakan sangsi oleh UPT komputer berdasarkan ketentuan yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar